Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surah Az-Zariyat ayat 56, kandungan ayat serta perilaku yang mencerminkan surah Az-Zariyat ayat 56

Surah Az-Zariyat ayat 56, kandungan ayat serta perilaku yang mencerminkan surah Az-Zariyat ayat 56

#Lafal ayat surah Az-Zariyat ayat 56
Bacalah ayat berikut ini dengan tertib, dan fasih, pahamilah maknanya sebaik-baiknya

Qur’an surah Az-Zariyat ayat 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. 

#Penerapan ilmu tajwid 

Bacaan
Hukum Bacaan
Alasan
 خَلَقْتُ
Qalqlah sugara
Karena ada huruf qaf sukun di tengah

 الْجِنَّ
Al-qamariyah
Karena alif lam dileburkan


 وَالْإِنْسَ
Ikhfa’
Karena ada nun sukun bertemu dengan huruf sin


#kandungan ayat Qur’an surah Az-Zariyat ayat  56
 

Surah Az-Zariyat ayat 56, kandungan ayat serta perilaku yang mencerminkan surah Az-Zariyat ayat 56

Pada dasarnya semua makhluk allah, termasuk jin dan manusia diciptakan oleh allah. Swt untuk beribadah dan mengabdi  kepada allah.swt. 

Artikel terkait lainnya : Qur’an surah Sad (38) : 27, kandungan Qur’an surah Sad (38) : 27, perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup

jadi salain fungsinya  manusia sebagai khalifah  di muka bumi  (fungsi Horizontal) manusia juga mempunyai fungsi sebagai hamba yaitu menyembah penciptanya (fungsi vertikal) yakni  allah –lah  yang menciptakan sumua alam semesta  ini, maka sudah seharusnya  sebagai bentuk wujud syukur seorang hamba adalah dengan mangabdi kepada penciptanya yakni allah.swt.
 
#Perilaku yang mencerminkan surah Az-Zariyat  ayat 56

  • Perilaku yang mencerminkan surah Az-Zariyat ayat 56 adalah :
  • Mengabdi kepada allah dan tidak berbuat syirik
  • Senatiasa bersykur kepada allah atas segala nikmat yang diterima

Daftar pustaka : Fitriana, Anisyah, S,Si, dkk. Modul Pendidikan Agama Islam Untuk SMK Kelas XI. Solo: CV Haka Mj
 
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Surah Az-Zariyat ayat 56, kandungan ayat serta perilaku yang mencerminkan surah Az-Zariyat ayat 56

Beribadah kepada allah merupakan tugas pokok  manusia sebagai abdullah bahkan satu-satunya tugas dalam kehidupan mansuia sehingg apapun  yang dilakukan oleh manusia dan sebagai apapun dia, seharunsya dijalani  dalam  kerangka ibadah kepada allah sebagaimana firman –nya yang artinya “ Dan aku tidak menciptakan manusia kecuali supaya mereka menyembah-ku (Q.S At-Tin : 56).
 
Agar segala yang dilakukan dikatagorikan dekalam ibadah keapda allah, maka  paling  tidak ada tiga kretiria yang harus  dipenuhi yakni :

Lakukan segala sesuatu dengan niat yang ikhlas karena allah – ikhlas merupakan salah satu kunci bagi diterimanya suatu amal oleh allah  dan ini akan berdampak sengat positif bagi manusia yang melaksanakan suatu amal, karena meskipun apa yang harus dilaksanakan itu berat ia tidak merakan-nya sebagai sesuatu yang berat apalagi  amal yang memang sudah ringan, sebaliknya tanpa keikhlasan,amal yang ringan sekalipun akan terasa menjadi  berat,apalagi amal yang jelas-jelas berat untuk dilaksanakan tentu akan menjadi  amal yang terasa sangat berat untuk mengambalikannya.

Lakukan segala sesuatu  dengan cara yang benar,
sebagaimana yang telah digariskan allah  dan contohkan oleh rasul-nya, manakala seorang muslim telah menjalankan segala sesuautu dengan ketentuan allah, maka tidak ada penyimpangan-penyimpangan dalam kehidupan ini yang membuat perjalan hidup menusia menjadi sesuatu yang menyenagkan.

Lakukan segala sesuatu dengan tujuan mengharapkan  rida allah dan ini akan  membuat  manusia hanya punya satu kepentingan, yakni rida-nya. Bila ini yang terjadi maka upaya menegakkan kebaikan dan kebenaran tidak akan mengahadapi kesulitan terutama kesulitan dari dalam diri para penegaknya hal in karena hambatan-hambatan itu seringkali terjadi kerena manusia memiliki kepentingan –kepentingan lain yang justru bertentangan dengan rida allah.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda, serta semoga dapat menambah ketakwaan kita kepada allah.swt, sampai jumpa lagi pada artikel islami lainnya, sampai  jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Surah Az-Zariyat ayat 56, kandungan ayat serta perilaku yang mencerminkan surah Az-Zariyat ayat 56"