Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Qur’an surah Ar-Rum (30): 41- 42 serta Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Ar-Rum ayat 41 – 42

Kandungan Qur’an surah Ar-Rum (30): 41- 42 serta Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Ar-Rum ayat 41 – 42
 
Kandungan Qur’an surah Ar-Rum (30): 41- 42 serta Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Ar-Rum ayat 41 – 42
Menjaga Lingkungan
Membaca Qur’an surah AR-rum (30) 41 – 42

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
  
قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلُ ۚ كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُشْرِكِينَ

Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)".

#Kandungan surah Ar-rum (30) ayat 41 – 42  

Ayat 41 – allah.swt menciptakan alam semesta ini untuk manusia dan manusia  diciptakan oleh allah sebagai khalifah (pemimpian) dibumi ini, namun manusia kadang yang membuat kerusakan  tetapi  ia tidak sadar. 

Sebagai contoh :  penebangan  hutan yang tidak disertai  penghijauan  mengakibatkan  tanah longsor, banjir, dan sebagainya. Membuang sampah di sembarang tempat berakibat datangnya  penyakit. Sebagai khalifah, manusia memiliki  tugas untuk memanfaatkan, mengelola dan memelihara alam semesta. Allah telah menciptakan alam semesta untuk kepentingan dan kesejahteraan semua makhluk-nya, khususnya manusia.

Ayat 42 – manusia diperintahkan mengadakan penelitan/memperhatikan tanda-tanda alam raya ini serta mengambil pelajaran dari umat terdahulu. Mereka ingkar kepada allah, akhirnya  terkena adzab. Sebagai contoh : fir’aun, kerena  kesimbingannya terhadap nabi musa a.s. ia ditenggelamkan allah di laut merah. Kita wajib menyakini  bahwa  kekuatan dan kepandaian manusia tidak berarti  apa-apa di hadapan allah. Tetapi bila kita mau  tunduk dan beribadah . insyaallah  kita akan senantiasa dilindungi oleh allah swt.
 
Secara umum kendungan dari Q.S Ar-Rum (30) : 41 – 42 yakni :

Penegasan allah.swt bahwa berbagai kerusakan yang terjadi dimuka bumi merupakan akibat dari perbuatan manusia sendiri

Perintah agar umat manusia  mempelajari kisah-kisah umat-umat terdahulu. Adanya berbagai bencana yang menimpa umat-umat terdahulu disebkan  karena kemusyirikan mereka.

Artikel terkait lainnya : 8 Dosa besar terhadap orang lain dalam islam 

#Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Ar-Rum ayat 41 – 42

Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Ar-rum ayt 41 -42 antara lain:
  • Tidak berbuat kerusakan dimuka bumi
  • Senatiasa menjaga alam semesta dengan sebaik-baiknya.
Daftar pustaka : Fitriana, Anisyah, S.SI, dkk. Modul Pendidikan Agama Islam Untuk SMK Kelas XI. Solo: CV Haka Mj

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Kandungan Qur’an surah Ar-Rum (30): 41-42 serta Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Ar-Rum ayat 41 – 42

Dari syuib berkata “ hai kaumku , cukuplah takaran dan timbagan dengan adil, dan janganlah kamu  merugikan menusia terhadap  hak-hak mereka dan jangalah kamu membuat kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan “(Q.S Hud (11): 85).

Allah swt. melarang umat manusia berbuat  kerusakan di  muka bumi  karena dia telah mejadikan manusia sebagai khalifahnya. Larangnya berbuat kerusakan  ini mencakup  semua bidang. Sudah sewajibnya kita bertanggung jawab atas lingkungan  sekitar kita.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah pengetahuan anda dalam pemahaman kandungan al-qur’an, sampai jumpa lagi, bye.

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

3 komentar untuk "Kandungan Qur’an surah Ar-Rum (30): 41- 42 serta Perilaku yang mencerminkan pemahaman terhadap surah Ar-Rum ayat 41 – 42"